Logo Bloomberg Technoz

Bahlil Soal 3 Tambang Tembaga Baru: Bisa Digarap Freeport & Amman

Dovana Hasiana
10 October 2024 12:30

Tambang tembaga (Dok: Bloomberg)
Tambang tembaga (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengatakan hasil tambahan 2—3 calon tambang tembaga baru bisa diolah melalui pabrik pemurnian atau smelter katoda tembaga di dalam negeri, seperti milik PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).

Dengan demikian, produk-produk turunan dari konsentrat tembaga yang diolah itu bisa menciptakan nilai tambah, menambah pembukaan lapangan kerja, dan menjadi sumber pendapatan negara;  khususnya di tengah tren kenaikan harga tembaga.

Selain itu, Bahlil mengatakan, daya saing Indonesia bakal meningkat dengan adanya tambahan tambang tembaga baru.

"Freeport dan Amman itu dahulu kan kita tidak pernah tahu berapa cadangannya. Dengan smelter yang ada, kita pakai dan setiap izin usaha pertambangan khusus [IUPK] yang punya tambang dia wajib membangun smelter, ya kita bisa mengelola dalam negeri. [...] Jadi saya pikir oke lah,” ujar Bahlil saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2024). 

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Kendati demikian, Bahlil mengaku belum mengetahui dengan lengkap ihwal cadangan dari tambahan tambang tembaga baru tersebut.