Logo Bloomberg Technoz

Bank Dunia: Ekonomi Asia Timur & Pasifik Tumbuh Melambat 2025

Redaksi
10 October 2024 11:10

Perekonomian global (Bloomberg)
Perekonomian global (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Dunia atau World Bank memproyeksi pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Timur dan Pasifik berada di level 4,8% pada 2024, dan melambat ke angka 4,4% pada 2025.

Pertumbuhan di China, perekonomian terbesar di kawasan ini, diproyeksikan menurun dari 4,8% tahun ini menjadi 4,3% pada 2025. Hal itu terjadi di tengah terus melemahnya pasar properti, rendahnya kepercayaan konsumen maupun investor, dan berbagai kendala struktural, seperti penduduk yang menua dan tekanan global.

"Kawasan Asia Timur dan Pasifik yang sedang membangun terus bertumbuh lebih cepat daripada kawasan lain di dunia, tapi masih lebih lambat daripada sebelum pandemi," demikian tertulis dalam laporan enam-bulanan Bank Dunia mengenai prospek ekonomi bertajuk 'East Asia and Pacific Economic Update' yang resmi diluncurkan pada Kamis (10/10/2024).

Pertumbuhan di bagian lain kawasan ini diperkirakan meningkat dari 4,7% pada tahun 2024 menjadi 4,9% di tahun 2025, ditopang oleh meningkatnya konsumsi dalam negeri, pulihnya ekspor barang, dan kembali bergairahnya sektor pariwisata.

Di antara negara-negara besar, pada tahun 2024 dan 2025 hanya Indonesia yang diperkirakan bertumbuh setara atau di atas tingkat pertumbuhan sebelum pandemi. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi di Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam diperkirakan berada di bawah tingkat pertumbuhan sebelum pandemi.