Logo Bloomberg Technoz

Badai Milton Hantam Florida, Kerugian Bisa Capai Rp1.174 T

News
10 October 2024 11:30

Hujan lebat dan angin kencang selama Badai Milton melanda St. Petersburg, Florida pada tanggal 9 Oktober. (Fotografer: Tristan Wheelock/Bloomberg)
Hujan lebat dan angin kencang selama Badai Milton melanda St. Petersburg, Florida pada tanggal 9 Oktober. (Fotografer: Tristan Wheelock/Bloomberg)

Mary Hui dan Brian K. Sullivan - Bloomberg News

Bloomberg, Badai Milton menghantam pantai barat Florida, dekat Tampa, dengan angin kencang yang cukup kuat untuk merobohkan pohon, mendorong gelombang besar ke daratan, dan membahayakan penduduk di wilayah padat tersebut. Kerugian akibat badai Milton diperkirakan mencapai US$75 miliar (setara Rp1.174 triliun).

Menurut laporan Pusat Badai Nasional AS, Milton mendarat di dekat Siesta Key dengan kecepatan angin 120 mil per jam, menjadikannya badai Kategori 3 pada skala Saffir-Simpson. Ini adalah badai kedua yang menerjang Florida dalam dua minggu terakhir.

Badan tersebut melaporkan bahwa gelombang badai, angin ekstrem, dan banjir bandang yang mengancam nyawa terus terjadi saat Milton bergerak ke daratan. Lebih dari satu juta pelanggan di Florida mengalami pemadaman listrik, menurut data PowerOutage.us.

Milton mendarat di selatan tempat Badai Helene, yang menewaskan setidaknya 230 orang, menghantam pantai barat Florida baru-baru ini. Tahun ini, AS telah dilanda lima badai besar, termasuk Badai Beryl yang menghantam Houston pada Juli dan menyebabkan jutaan rumah serta bisnis mengalami pemadaman listrik.

Perahu terdampar saat Badai Milton melanda St. Petersburg, Florida pada tanggal 9 Oktober. (Fotografer: Tristan Wheelock/Bloomberg)