Logo Bloomberg Technoz

Berikut perkembangan harga emas di Pegadaian hari ini, sebagaimana dikutip dari situs Sahabat Pegadaian:

Harga Emas di Pegadaian (Sumber: Sahabat Pegadaian)

Harga Emas Dunia

Di pasar global, harga emas masih bergerak turun. Pada pukul 09:14 WIB, harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 2.608,46/troy ons. 

Dalam seminggu terakhir, harga emas dunia terpangkas 1,76%.

Harga Emas di Pasar Spot (Sumber: Bloomberg)

Sentimen yang mewarnai harga emas saat ini adalah penantian pasar terhadap rilis data inflasi di Amerika Serikat (AS) yang diumumkan malam ini waktu Indonesia. Konsensus pasar memperkirakan laju inflasi Negeri Paman Sam pada September adalah 0,1% dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm). Melambat dibandingkan Agustus yang sebesar 0,2% mtm.

Dibandingkan September tahun lalu (year-on-year/yoy), laju inflasi diperkirakan sebesar 2,3%. Juga melambat dibandingkan Agustus yakni 2,5%.

Sedangkan laju inflasi inti pada September diperkirakan 3,2% yoy. Sama persis dengan Agustus.

Data inflasi bisa menentukan arah kebijakan moneter bank sentral Federal Reserve. Jika inflasi melambat menuju target 2%, maka The Fed tidak akan ragu kembali menurunkan suku bunga acuan pada November.

Emas adalah aset yang tidak memberikan imbal hasil (non-yielding asset). Memegang emas akan lebih menguntungkan saat suku bunga turun, karena ikut menurunkan opportunity cost.

(aji)

No more pages