Logo Bloomberg Technoz

Bahlil Curiga, Kilang Balikpapan Benar Terbakar atau Sengaja?

Dovana Hasiana
10 October 2024 10:40

Kondisi CDU IV Kilang Balikpapan usai padam (Dok. Kilang Pertamina Internasional)
Kondisi CDU IV Kilang Balikpapan usai padam (Dok. Kilang Pertamina Internasional)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengaku sempat berdiskusi dengan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati ihwal peristiwa kebakaran pada unit Crude Distillation Unit (CDU) IV yang merupakan bagian dari proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) atau Kilang Balikpapan.

Dalam diskusi tersebut, Bahlil bertanya penyebab peristiwa kebakaran kilang tersebut, bahkan mempertanyakan apakah peristiwa tersebut merupakan suatu hal yang disengaja.

Penyebabnya, Bahlil kesal lantaran megaproyek milik Pertamina dengan investasi US$7,4 miliar (atau setara Rp117,8 triliun asumsi kurs saat ini) tersebut tak kunjung selesai, dari sejak dia masih menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

“Kemarin saya diskusi sama Ibu Direktur Utama Pertamina, RDMP kita di Kalimantan, kenapa terbakar? Saya sempat tanya, ini terbakar beneran atau sengaja terbakar? Karena sejak saya masih di BKPM, sudah turun untuk tinjau proyek, sampai sekarang tidak selesai-selesai,” ujar Bahlil dalam agenda BNI Investor Daily Summit 2024, dikutip Kamis (10/10/2024).

Bahlil mengatakan proyek RDMP Balikpapan yang belum selesai menyebabkan Indonesia harus menambah volume impor. 

Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati meninjau Proyek RDMP Balikpapan. (Dok Kementerian ESDM)