Logo Bloomberg Technoz

Bursa Saham China Menguat Jelang Pengarahan Stimulus Fiskal

News
10 October 2024 09:18

Bursa saham China. (Bloomberg)
Bursa saham China. (Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Bursa saham China mengalami rebound di tengah spekulasi bahwa pemerintah akan segera mengumumkan stimulus fiskal baru pada pengarahan yang dijadwalkan Sabtu (12/10/2024).

Indeks CSI 300 melonjak hingga 2,2% pada awal perdagangan Kamis (10/10/2024), setelah sebelumnya turun 7,1% pada sesi Rabu (09/10/2024)—penurunan terburuk sejak 2020. Saham-saham China yang terdaftar di Hong Kong juga naik lebih dari 3%.

Para pedagang mengandalkan pengarahan dari Kementerian Keuangan untuk menjaga momentum kenaikan ini. Langkah-langkah fiskal yang nyata sejauh ini belum tampak dalam paket stimulus Beijing, dan para manajer investasi serta ahli strategi memperingatkan bahwa rebound ini bisa berumur pendek jika janji-janji tersebut tidak didukung dengan dana nyata.

Menurut Kantor Informasi Dewan Negara, Menteri Keuangan Lan Fo'an diperkirakan akan memperkenalkan langkah-langkah baru untuk memperkuat kebijakan fiskal guna mendukung pertumbuhan, serta menjawab pertanyaan dari wartawan pada pengarahan Sabtu nanti.

Bursa saham China. (Sumber: Bloomberg)