Logo Bloomberg Technoz

Satgas Bioetanol di Lahan Tebu Merauke, Sudah Kerjakan Apa Saja?

Dovana Hasiana
10 October 2024 10:00

Ilustrasi lahan tebu./Bloomberg-Valeria Mongelli
Ilustrasi lahan tebu./Bloomberg-Valeria Mongelli

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Rosan Perkasa Roeslani memastikan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan saat ini tengah berjalan.

Menurut Rosan, Kementerian Investasi/BKPM juga bakal melakukan rapat untuk mendapatkan informasi soal perkembangan dari satgas tersebut.

“Nanti kita baru meeting lagi untuk update progres, tetapi semua sedang berjalan dengan baik,” ujar Rosan saat ditemui di sela acara BNI Investor Daily Summit 2024, dikutip Kamis (10/10/2024).

Kementerian Investasi/BKPM mengonfirmasi bahwa PT Global Papua Abadi dan konsorsium —sebagai investor di lahan tebu Merauke, Papua Selatan— sudah mulai melakukan berbagai persiapan untuk produksi gula dan bioetanol.

Wakil Menteri Investasi/Kepala BKPM Yuliot mengatakan investor tersebut sudah mulai melakukan kegiatan di lapangan berupa penyiapan kebun bibit serta laboratorium untuk melakukan riset tanah, hama dan bibit.

Lahan tebu di Austraila./Bloomberg-Carla Gottgens