Logo Bloomberg Technoz

Program Susu Gratis: 40 Perusahaan Akan Impor 1,3 Juta Sapi Perah

Azura Yumna Ramadani Purnama
10 October 2024 09:30

Peternakan sapi./Bloomberg-Akos Stiller
Peternakan sapi./Bloomberg-Akos Stiller

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Pertanian mengungkapkan terdapat 40 perusahaan yang akan berpartisipasi dalam impor sekitar 1,3 juta ekor sapi perah untuk pengadaan susu dalam program Makan Bergizi Gratis.  

Plt Sekretaris Jenderal Kementan Prihasto Setyanto mengatakan untuk saat ini pemerintah terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan susu gratis melalui produksi dari dalam negeri, meskipun importasi sapi perah sudah dibuka oleh pemerintah.

“Ada sekitar 40 perusahaan untuk importasi bakalan sapi perah. Sesegera mungkin [impornya], karena ini kan program [Makan Bergizi Gratis] harus segera berjalan. Sesegera mungkin kita harus mengeksekusi ini ya. Tinggal kesiapan dari pelaku usahanya seperti apa,” ujarnya, ditemui di Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2024).

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, tanpa program Makan Bergizi Gratis, kebutuhan susu nasional mencapai 4,3 juta ton per tahun. Sebanyak 22,7% di antaranya masih dipenuhi melalui kebijakan impor. Adapun, program Makan Bergizi Gratis menyasar 82,9 juta anak sekolah, balita, dan ibu hamil.

Susu sapi./Bloomberg-Andrey Rudakov

Kementan awal bulan lalu sudah mengumumkan rencana impor setidaknya 1 juta sapi perah untuk memastikan pemenuhan kebutuhan penyediaan susu dalam program Makan Bergizi Gratis (MBG) pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.