Logo Bloomberg Technoz

Biden Bicara dengan Netanyahu, Bahas Ketegangan Israel vs Iran

News
10 October 2024 09:00

Benjamin Netanyahu speak to Joe Biden on Oct. 9, 2024. (Sumber: Bloomberg)
Benjamin Netanyahu speak to Joe Biden on Oct. 9, 2024. (Sumber: Bloomberg)

Ethan Bronner dan Jenny Leonard - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara dengan Presiden AS Joe Biden untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan, saat Washington berupaya meredam pembalasan Israel atas serangan rudal Iran minggu lalu.

Kantor kedua pemimpin mengonfirmasi pembicaraan tersebut, yang juga dihadiri Wakil Presiden Kamala Harris. Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan kepada wartawan bahwa pembicaraan itu "secara terang-terangan dan produktif." Kedua pihak diperkirakan memberikan pernyataan tentang apa yang dibahas pada Rabu (09/10/2024) malam waktu setempat.

Percakapan ini merupakan yang pertama bagi Biden dan Netanyahu sejak Agustus. Dalam beberapa minggu terakhir, Israel telah meluncurkan kampanye besar-besaran untuk menargetkan kelompok Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon, menewaskan sebagian besar pemimpin seniornya, termasuk Hassan Nasrallah, serta sedikitnya 1.500 orang dalam serangan udara. Iran menembakkan sekitar 200 rudal balistik sebagai tanggapan, yang dihalau dengan bantuan AS.

AS telah mengakui bahwa Israel perlu menanggapi serangan dari Teheran, dan pembalasan diperkirakan akan segera terjadi. Namun, pemerintah telah mendesak Netanyahu untuk tidak menyerang infrastruktur energi atau fasilitas nuklir Iran, karena khawatir langkah tersebut dapat memperburuk konflik dan menyeret AS ke dalamnya.