Logo Bloomberg Technoz

Pejabat The Fed: Pemotongan Suku Bunga 50 Bps Langkah Bijaksana

News
10 October 2024 08:00

Gubernur Federal Reserve Bank of Boston Susan Collins. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Federal Reserve Bank of Boston Susan Collins. (Dok: Bloomberg)

Jonnelle Marte - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Bank of Boston, Susan Collins, menyatakan bahwa keputusan untuk menurunkan suku bunga sebesar setengah poin bulan lalu adalah langkah yang "bijaksana." Mengingat inflasi yang mulai menurun dan meningkatnya kerentanan ekonomi terhadap guncangan.

"Saya melihat penurunan suku bunga awal sebesar 50 basis poin sebagai tindakan yang bijaksana dalam konteks ini, menyadari bahwa kebijakan moneter masih berada di wilayah yang ketat," ujar Collins pada Rabu (09/10/2024) dalam sebuah acara di Worcester, Massachusetts. "Penyesuaian lebih lanjut kemungkinan akan diperlukan."

Dalam pernyataan tersebut, Collins mengulang pandangannya yang disampaikan sehari sebelumnya, termasuk pentingnya pendekatan yang "hati-hati dan berbasis data" dalam menurunkan suku bunga guna menjaga kekuatan ekonomi AS. Dia juga menekankan bahwa kebijakan moneter tidak berada pada jalur yang telah ditentukan sebelumnya.

Federal Reserve menurunkan suku bunga bulan lalu untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai, dengan pemangkasan sebesar setengah poin—lebih besar dari yang diperkirakan. Gubernur The Fed, Jerome Powell, menjelaskan bahwa langkah ini bertujuan untuk melindungi pasar tenaga kerja AS di tengah inflasi yang semakin mendekati target bank sentral sebesar 2%.