Logo Bloomberg Technoz

The Fed Diprediksi Pangkas Suku Bunga Satu atau Dua Kali Lagi

News
10 October 2024 06:30

Gubernur The Fed San Francisco, Mary Daly. (Sumber: Bloomberg)
Gubernur The Fed San Francisco, Mary Daly. (Sumber: Bloomberg)

Christopher Condon - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Bank of San Francisco, Mary Daly, mengungkapkan perkiraannya bahwa bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) akan terus menurunkan suku bunga tahun ini untuk melindungi pasar tenaga kerja.

“Saya pikir dua kali penurunan lagi tahun ini, atau satu kali penurunan lagi tahun ini, benar-benar mencakup kisaran apa yang mungkin dalam pikiran saya, mengingat proyeksi saya untuk perekonomian,” kata Daly pada Rabu (09/10/2024) dalam diskusi moderasi di Boise State University, Idaho. Ia merujuk pada kemungkinan satu atau dua pengurangan seperempat poin.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) bulan lalu menurunkan suku bunga sebesar 50 basis poin (bps), yang lebih besar dari biasanya, di tengah tanda-tanda pelemahan di pasar tenaga kerja dan seiring inflasi mendingin menuju target 2% yang ditetapkan oleh The Fed.

Daly menyebut langkah tersebut sebagai "kalibrasi ulang," istilah yang juga digunakan oleh Gubernur Fed Jerome Powell untuk menggambarkan pemotongan sebagai upaya menjaga kekuatan ekonomi.