Logo Bloomberg Technoz

Risalah The Fed Ungkap Perdebatan di Balik Pemotongan Suku Bunga

News
10 October 2024 06:00

Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)
Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)

Craig Torres - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell, menghadapi beberapa penolakan terkait keputusan pemotongan suku bunga setengah poin pada September. Beberapa pejabat lebih memilih pengurangan yang lebih kecil, yakni seperempat poin.

"Beberapa peserta mengamati bahwa mereka lebih menyukai pengurangan target kisaran sebesar 25 basis poin pada pertemuan ini, dan beberapa lainnya mengindikasikan bahwa mereka dapat mendukung keputusan tersebut," demikian bunyi risalah rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada 17-18 September yang dirilis Rabu (10/10/2024) di Washington. Namun, semua peserta sepakat bahwa pengurangan suku bunga adalah langkah yang tepat.

Bulan lalu, para bankir bank sentral AS memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan sebesar setengah poin persentase, langkah yang kuat untuk mendukung ekspansi ekonomi di tengah meredanya inflasi yang membandel dan meningkatnya risiko terhadap pasar tenaga kerja. Meskipun ada perdebatan, risalah mencatat bahwa "mayoritas substansial" mendukung pemotongan tersebut.

Salah satu tantangan bagi sejumlah pejabat adalah ketidaksesuaian langkah besar itu dengan niat mereka untuk menurunkan suku bunga secara bertahap.