Logo Bloomberg Technoz

Kominfo Blokir Aplikasi Temu di Apple dan Android

Redaksi
09 October 2024 18:11

Aktivitas sorting barang di gudang perusahaan pengelola e-commerce di China. (Bloomberg)
Aktivitas sorting barang di gudang perusahaan pengelola e-commerce di China. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi menegaskan pemerintah sepakat memblokir marketplace Temu, milik perusahaan teknologi dan perdagangan asal China PDD Holdings Inc.

“Kami men-take down TEMU sebagai respon cepat keresahan masyarakat,” kata Budi Arie di kantornya, Rabu (9/10/2024). Pemblokiran berlaku untuk seluruh toko aplikasi, baik App Store Apple ataupun Google Play Store.

Sudah banyak disampaikan sejak beberapa waktu terakhir, bahwa Temu yang telah ekspansi di banyak negara, membidik pasar Indonesia. Platform e-commerce China ini dikenal dengan etalase barang jualan dengan harga murah efek model bisnis.

Budi Arie menyebut bahwa penjualan langsung dari pabrik ke konsumen menjadikan hilangnya fungsi perantara. Itu sebabnya pula mengapa harga jual barang di aplikasi Temu murah.

“Ini persaingan yang tidak sehat dan mengancam keberlangsungan bisnis pelaku UMKM lokal,” kata Budi Arie di kantornya, Rabu (9/10/2024). Terlebih Temu belum mengantongi izin Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). 

Ilustrasi Temu, platform perdagangan online milik PDD Holding. (Bloomberg)