Logo Bloomberg Technoz

Prabowo Bentuk Badan Baru Demi Transformasi BUMN, Ini Bocorannya

Azura Yumna Ramadani Purnama
09 October 2024 15:46

Ilustrasi Investasi (Envato/torianime)
Ilustrasi Investasi (Envato/torianime)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Terpilih Prabowo Subianto berencana membentuk badan baru bernama Dana Investasi Nasional (DIN) yang akan mengelola investasi sebagai salah satu langkah transformasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Hal ini disampaikan Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Drajad Wibowo dalam acara Katadata Future Policy Dialogue di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Dia menjelaskan pembentukan Dana Investasi Nasional merupakan bagian dari transformasi BUMN yang diinginkan pihak pemerintahan baru agar dapat tumbuh lebih cepat.

“Hal yang sudah disampaikan oleh Pak Hashim itu intinya kami ingin BUMN ini bisa lebih cepat. Jadi mungkin pengelolaan BUMN ini akan dilakukan betul-betul secara korporasi. Nah itu melalui dana investasi tadi supaya pengelolaannya betul-betul korporasi,” ucapnya ketika ditemui setelah acara Katadata Future Policy Dialogue di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Ia menyebut, Dana Investasi Nasional dapat memperkuat struktur BUMN agar tidak banyak diganggu oleh unsur-unsur politik. Sehingga diharap nantinya BUMN dan perusahaan swasta dapat bersaing secara lebih adil.