Logo Bloomberg Technoz

Tim Prabowo Ungkap Anggaran Makan Siang Gratis Berpotensi Naik

Azura Yumna Ramadani Purnama
09 October 2024 15:35

Siswa menyantap makanan saat uji coba program makan siang gratis di SDN 4 Tangerang, Senin (5/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Siswa menyantap makanan saat uji coba program makan siang gratis di SDN 4 Tangerang, Senin (5/8/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Drajad Wibowo mengungkapkan masih ada potensi anggaran Makan Bergizi Gratis (MBG) mengalami kenaikan dari besaran sebelumnya yang ditetapkan yakni Rp71 triliun.

Hal tersebut ia lontarkan merespons pernyataan Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana yang menyebut pemerintah akan menggelontorkan anggaran sektiar Rp1,2 triliun per hari untuk program prioritas Presiden Terpilih Prabowo Subianto itu.

“Sementara kami berada di Rp71 triliun, tapi nanti mungkin, kan Pak Prabowo kan diberi kebebasan untuk melakukan penyesuaian APBNP ya. Kita harapkan nanti setelah kita tahu posturnya lebih rinci, di tahun 2025 kami lakukan perubahan,” tuturnya ketika ditemui setelah Katadata Future Policy Dialogue di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Dalam kaitan itu, ia memandang bahwa Prabowo ketika menjabat akan memiliki keleluasaan untuk melakukan perubahan anggaran melalui mekanisme Anggaran Pendapatan dan Belanja Perubahan (APBNP).

Meski demikian, ia menegaskan kenaikan tersebut dapat terjadi apabila penerimaan negara telah naik pada suatu level yang signifikan.