Logo Bloomberg Technoz

Bocoran Badan Penerimaan Negara: Reformasi 3 Aspek Ini

Azura Yumna Ramadani Purnama
09 October 2024 13:30

Kementerian Keuangan RI Direktorat Jendral Pajak. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Kementerian Keuangan RI Direktorat Jendral Pajak. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo Drajad Wibowo menyatakan Badan Penerimaan Negara (BPN) akan mereformasi tiga unsur penerimaan negara yakni transformasi kelembagaan, transformasi teknologi, dan transformasi kultur.

Drajad menjelaskan, alasan pembentukan BPN adalah keinginan mengerek penerimaan negara untuk mendanai kebutuhan anggaran yang menurutnya masih kurang Rp300 triliun apabila ekonomi RI ingin tumbuh sebesar 6%-7%.

“Jawabannya memang kita melalui BPN. Tapi BPN itu, itu yang belum banyak kita diskusikan.Itu harus mengandung 3 unsur transformasi,” tutur Drajad dalam Katadata Future Policy Dialogue di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Drajad menjelaskan, salah satu aspek tersulit dalam transformasi tersebut yakni transformasi kultur, namun hal ini menurutnya dapat dipaksakan dengan terjadinya transformasi teknologi.

Meski tidak menjelaskan lebih lanjut, Drajad mencontohkan bahwa dahulu tak terbayangkan berbelanja dapat langsung menggunakan QRIS, serta dana yang dibayarkan bisa langsung diterima penjual dan bisa secara otomatis dipotong retribusi daerah.