Logo Bloomberg Technoz

Bank Dunia: Hanya Ekonomi RI yang Lebih Baik dari Sebelum Covid

Redaksi
09 October 2024 11:55

Ilustrasi ekonomi Indonesia.
Ilustrasi ekonomi Indonesia.

Bloomberg Technoz, Jakarta - World Bank atau Bank Dunia melaporkan, di antara negara-negara besar di kawasan Asia Timur dan Pasifik, hanya Indonesia yang diperkirakan mengalami pertumbuhan ekonomi 2024 dan 2025 setara atau di atas tingkat pertumbuhan sebelum pandemi.

Sementara itu, pertumbuhan di Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam diperkirakan berada di bawah tingkat pertumbuhan sebelum pandemi.

Dalam laporan enam bulanan bertajuk 'World Bank East Asia and The Pacific Economic Update' terungkap, investasi publik di Indonesia mengalami pertumbuhan, sementara investasi swasta masih rendah. Pertumbuhan investasi telah menurun di sebagian besar negara di kawasan tersebut selama dua dekade terakhir, dengan penurunan yang sangat tajam di China, Indonesia, Malaysia, dan baru-baru ini, Filipina.

“Investasi publik telah mendukung pertumbuhan di Cina, Indonesia, Malaysia, dan Filipina, sementara investasi swasta masih rendah di sebagian besar wilayah dan ekspor barang masih lemah di sebagian besar negara,” tulis World Bank dalam East Asia and Pacific Economic Update edisi Oktober 2024.

Di sisi lain, pertumbuhan ekspor manufaktur dan ekspor barang hanya memberikan sedikit dorongan di Indonesia.