Logo Bloomberg Technoz

Respons Pemilik 7-Eleven Soal Tawaran Baru dari Circle K

News
09 October 2024 13:10

Ilustrasi tampak jaringan ritel modern 7-Eleven. (Bloomberg)
Ilustrasi tampak jaringan ritel modern 7-Eleven. (Bloomberg)

Koh Yoshida - Bloomberg News

Bloomberg, Ryuichi Isaka, CEO Seven & i Holdings Co, akan tampil pertama kali di hadapan publik sejak Alimentation Couche-Tard Inc mendekati perusahaan tersebut dengan tawaran akuisisi, di tengah tekanan untuk membuktikan bahwa bisnis itu bisa bernilai lebih tinggi.

Operator toko Circle-K asal Kanada ini dikabarkan telah mengajukan tawaran baru pada 19 September, menaikkan harga sekitar 20% menjadi US$18,19 per saham, yang menaikkan valuasi Seven & i menjadi US$47,2 miliar, menurut laporan Bloomberg pada Selasa (08/10/2024). Sebelumnya, pengecer Jepang tersebut menolak tawaran awal Couche-Tard sebesar US$14,86 per saham, menganggapnya terlalu rendah untuk dipertimbangkan dalam negosiasi.

Selama beberapa minggu terakhir, beredar laporan bahwa pemilik 7-Eleven itu berencana merestrukturisasi bisnisnya. Ini termasuk kemungkinan menjual operasi ritel seperti waralaba Ito-Yokado, supermarket aslinya, dan sebagian sahamnya di Seven Bank Ltd. Langkah tersebut diharapkan membantu mengatasi kekhawatiran atas penurunan laba operasi yang diproyeksikan pada kuartal fiskal terakhir.

"Mereka mungkin juga perlu merevisi perkiraan mereka untuk tahun ini," ujar Takahiro Kazahaya, analis di UBS AG Tokyo, yang mengutip tantangan bagi toko swalayan di AS dan Jepang. "Jika mereka tidak dapat meningkatkan nilai perusahaan dan penawaran Couche-Tard tetap tinggi, tekanan untuk menerima tawaran tersebut akan meningkat."