Logo Bloomberg Technoz

"Tidak, tidak. Saya tidak setuju [masuk dengan mengakuisisi Bukalapak]. Kalau mereka begitu, model bisnisnya akan [tetap] menghancurkan UMKM kita," ujar Budi saat ditemui di sela acara BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Budi mengatakan bahwa pemerintah berupaya menutup celah kehadiran aplikasi asal Negeri Panda, yang memiliki model bisnis direct to customer (D2C) atau penjualan langsung dari pabrik tanpa perantara, yang juga dinilai mengancam usaha UMKM lokal.

Temu sendiri sebelumnya beberapa kali mencoba masuk ke pasar Indonesia sejak 2022. Namun, upaya ini selalu ditolak oleh pemerintah dengan alasan mengancam keberadaan UMKM lokal.

Hal itu kemudian memicu spekulasi Temu mencari jalan lain untuk masuk, yakni dengan mengakuisisi Bukalapak. Namun, manajemen Bukalapak membatah kabar tersebut.

“Perseroan tidak mengetahui informasi terkait rencana akuisisi perseroan oleh e-commerce dari TEMU (perusahaan dari Cina),” ujar Sekretaris Perusahaan Bukalapak, Cut Fika Lutfi dalam keterbukaan informasinya.

(ibn/dhf)

No more pages