Logo Bloomberg Technoz

RBNZ Pangkas Suku Bunga di Tengah Perlambatan Ekonomi

News
09 October 2024 10:10

Kantor pusat Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) (kiri) berdiri di Wellington, Selandia Baru. (Birgit Krippner/Bloomberg)
Kantor pusat Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) (kiri) berdiri di Wellington, Selandia Baru. (Birgit Krippner/Bloomberg)

Tracy Withers - Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral Selandia Baru atau Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) telah memangkas suku bunga sebesar setengah poin persentase, mempercepat laju pelonggaran kebijakan moneter karena para pembuat kebijakan semakin khawatir tentang perlambatan ekonomi.

Komite Kebijakan Moneter Reserve Bank menurunkan Official Cash Rate (OCR) menjadi 4,75% dari 5,25% pada hari Rabu (09/10/2024) di Wellington, sesuai dengan perkiraan 19 dari 23 ekonom dalam survei Bloomberg. Sisanya memperkirakan penurunan seperempat poin. Ini adalah pengurangan kedua berturut-turut oleh RBNZ setelah memulai siklus pelonggarannya dengan pemotongan seperempat poin pada Agustus.

"Komite sepakat bahwa lingkungan ekonomi memberikan ruang untuk mengurangi lebih lanjut tingkat restriktifitas kebijakan moneter," kata RBNZ. Perubahan di masa depan pada OCR akan bergantung pada "penilaian ekonomi yang berkembang" oleh bank tersebut.

Ekonomi Selandia Baru telah terhenti, pengangguran meningkat, dan harga rumah turun akibat periode panjang suku bunga tinggi yang menekan permintaan. Ekonom mencatat bahwa inflasi sekarang turun dengan cepat, dan beberapa memperingatkan bahwa inflasi mungkin akan berada di bawah titik tengah kisaran target 1-3% RBNZ.

Suku bunga RBNZ. (Sumber: Bloomberg)