Logo Bloomberg Technoz

Bank Dunia Revisi Naik Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI

Azura Yumna Ramadani Purnama
09 October 2024 09:53

Kantor pusat World Bank Group saat pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Washington, DC, AS (Samuel Corum/Bloomberg)
Kantor pusat World Bank Group saat pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Washington, DC, AS (Samuel Corum/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - World Bank atau Bank Dunia merevisi naik proyeksi pertumbuhan Indonesia sepanjang tahun ini menjadi 5%, dari sebelumnya diprediksi hanya tumbuh 4,9% pada April lalu. Begitu juga untuk 2025, World Bank menaikkan proyeksi pertumbuhan RI menjadi 5,1% dari sebelumnya 5%.

Revisi naik proyeksi pertumbuhan Indonesia tersebut tercantum dalam laporan World Bank berjudul East Asia and Pacific Economic Update edisi Oktober 2024 yang diterbitkan Selasa, (8/10/2024).

Wakil Presiden Bank Dunia untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik Manuela V.Ferro menjelaskan bahwa di antara negara-negara besar, pada tahun 2024 dan 2025 hanya Indonesia yang diperkirakan tumbuh setara atau di atas tingkat pertumbuhan sebelum pandemi.

Dalam risalahnya, World Bank menyatakan investasi publik di Indonesia mengalami pertumbuhan, sementara investasi swasta masih rendah. Pertumbuhan investasi telah menurun di sebagian besar negara di kawasan tersebut selama dua dekade terakhir, dengan penurunan yang sangat tajam di China, Indonesia, Malaysia, dan baru-baru ini, Filipina.

“Investasi publik telah mendukung pertumbuhan di Cina, Indonesia, Malaysia, dan Filipina, sementara investasi swasta masih rendah di sebagian besar wilayah dan ekspor barang masih lemah di sebagian besar negara,” tulis World Bank dalam East Asia and Pacific Economic Update edisi Oktober 2024.