Logo Bloomberg Technoz

Melalui laporan ini, Pinhome turut mengidentifikasi tiga tantangan utama yang dihadapi generasi sandwich dalam memiliki rumah yaitu, menemukan properti yang tepat, biaya tambahan yang berlebihan dan tidak transparan, serta cicilan yang tinggi.

Di sisi lain, Pinhome turut menuturkan beberapa pertimbangan generasi sandwich dalam memilih rumah 53% memilih properti kecil dengan luas kurang dari 54 meter persegi, 31% memilih rumah dengan luas antara 55 hingga 120 meter persegi dengan umumnya rumah dua kamar yang cocok untuk keluarga.

Lokasi juga menjadi faktor utama dalam pemilihan properti. 64% responden memilih properti yang dekat dengan fasilitas kesehatan, 62% dekat dengan tempat kerja, dan 47% mempertimbangkan fasilitas pendidikan.

Adapun, untuk sumber pembiayaan utama generasi sandwich dalam membeli properti, yakni tabungan, dukungan keluarga, dan kredit pemilikan rumah (KPR). Adapun, 74% atau mayoritas generasi sandwich mengambil KPR lebih memilih tenor cicilan di atas lima tahun. 

"Ke depannya, Pinhome akan menyediakan lebih banyak lagi solusi bagi generasi sandwich yang ingin memiliki properti, dimulai dari program edukasi komprehensif untuk menjawab kebutuhan generasi sandwich terhadap penasihat keuangan, penilai properti dan berbagai topik lainnya,"  ujar Dara.

(prc/wdh)

No more pages