Logo Bloomberg Technoz

41 Juta Generasi Sandwich RI Hadapi Tantangan untuk Punya Rumah

Pramesti Regita Cindy
09 October 2024 09:40

Properti residensial. (Bloomberg)
Properti residensial. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Pinhome—situs pencarian properti — melaporkan terdapat 41 juta generasi sandwich di Indonesia, baik vertikal (menopang anak dan orangtua) dan horizontal (menopang orangtua dan saudara), dengan mayoritas memiliki motivasi tinggi untuk memiliki rumah, didorong oleh kebutuhan keluarga (49%) dan juga stabilitas (48%).

Bekerja sama dengan YouGov, laporan ini menggabungkan data dari Pinhome dan riset secara daring terhadap 400 responden dari berbagai kelas sosial ekonomi di seluruh Indonesia yang mewakili populasi dari generasi sandwich yang ingin atau telah memiliki properti.

Sekadar catatan, istilah 'generasi sanwich; diperkenalkan pertama kali pada 1981 oleh seorang profesor sekaligus direktur praktikum University Kentucky, Lexington, Amerika Serikat bernama Dorothy A. Miller. Generasi sandwich merujuk padagenerasi orang dewasa yang harus menanggung hidup 3 generasi, yaitu; orang tuanya, diri sendiri, dan anaknya.

"Kami menyadari bahwa generasi sandwich menghadapi tantangan besar dalam mewujudkan mimpi memiliki rumah, karena harus menopang keluarga sekaligus mengejar impian pribadi," kata CEO dan Founder Pinhome Dayu Dara Permata dalam keterangannya, dikutip Rabu (9/10/2024).

Suasana pembangunan perumahan di kawasan Cileungsi, Kab Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Tiga Tantangan