Logo Bloomberg Technoz

Segera Buka 3 Tambang Baru, RI Bisa Jadi Raja Tembaga Dunia?

Dovana Hasiana
09 October 2024 09:20

Tambang tembaga../dok. Bloomberg
Tambang tembaga../dok. Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta – Ketua Asosiasi Pertambangan Indonesia atau Indonesia Mining Association (IMA) Rachmat Makkasau mengatakan Indonesia dalam waktu dekat bakal memiliki 2—3 tambang tembaga baru yang beroperasi dalam 5 tahun ke depan.  

Rachmat mengatakan, dengan 2—3 tambang tembaga tersebut, Indonesia berpotensi meningkatkan pangsa atau share di pasar tembaga dunia menjadi 10% dari saat ini pada level 3%—5%.

“Saat ini Indonesia kalau tidak salah sekitar 3% sampai 5% share untuk tembaga dunia, tetapi kita masih ada beberapa tambang besar yang mungkin akan operasi dalam 5 tahun ke depan dengan potensi produksi dari tambahan 2—3 tambang yang nanti akan beroperasi,” ujar Rachmat dalam agenda BNI Investor Daily Summit, dikutip Rabu (9/10/2024).

Adapun, Rachmat mengatakan potensi penambahan 2—3 tambang tembaga baru terjadi karena saat ini 3 wilayah dengan cadangan tembaga besar sudah memasuki tahap eksplorasi akhir, yakni; di Tujuh Bukit di Banyuwangi, di Sumbawa milik Sumbawa Timur Mining, dan di Sulawesi milik Gorontalo Minerals. 

Tembaga batangan./dok. Bloomberg

“Mereka belum beroperasi, tetapi mereka sedang dalam tahap final stage untuk masuk ke tahapan eksplorasi,” ujarnya.