Logo Bloomberg Technoz

Akademi ini telah dibuka di Indonesia pada 2018, bermitra dengan institusi pendidikan tinggi lokal, yakni Binus di Bumi Serpong Damai (BSD), Universitas Ciputra di Surabaya, dan Infinite Learning di Batam.

“Kalau ini mereka bisa realisasikan, maka Apple akan mendapatkan nilai TKDN 40%,” jelas Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam sebuah rapat kerja Selasa kemarin.

Syarat TKDN yang harus dipenuhi tertuang dalam Permenperin No. 29 Tahun 2017 tentang Ketentuan dan Tata Cara Perhitungan Nilai TKDN Produk Telepon Komputer Genggam, dan Komputer Tablet.

iPhone 16 resmi telah dijual Jumat (20/9/2024), usai perkenalan perdananya pada Senin (9/9/2024) oleh CEO Apple Tim Cook di Amerika Serikat (AS). Indonesia belum dapat kepastian waktu perilisan, namun rumor sempat disebutkan iPhone 16 akan hadir pada 25 Oktober mendatang.

Kehadiran iPhone 16 berpeluang membuat beberapa seri diprediksi discontinue.

Sejumlah fitur baru seperti Apple Intelligence adalah yang paling dinanti, meski pengguna harus memperbarui iOS mereka demi merasakan fitur model AI dari Apple. Meski demikian pasar kini skeptis atas Apple Intelligence, dimana perusahaan investasi Jefferies berpendapat bahwa harapan investor terlalu dini untuk model AI dari Apple.

Saham Apple telah mengalami kenaikan lagi sejak titik terendahnya di bulan April, sebagai sinyal sebelumnya bahwa ada optimisme  fitur AI akan mendorong konsumen untuk meningkatkan ponsel mereka, mempercepat kembali pertumbuhan pendapatan. Namun, tanda-tanda awal menunjukkan permintaan beragam.

Sejatinya dorongan Apple bisa berkontribusi lebih besar di Indonesia sudah disampaikan Kemenperin, salah satunya mendirikan pusat penelitian dan pengembangan (R&D) di Indonesia. 

"Jangan hanya membentuk sekolah, karena Indonesia juga mampu untuk membentuk sekolah, tetapi kita dorong Apple untuk set up R&D di Indonesia," terang Agus. Investasi asing, termasuk Apple, pada akhirnya akan berdampak positif. Mulai dari perciptaan lapangan kerja, hingga transfer teknologi hingga SDM industri menjadi tangguh.

(prc/wep)

No more pages