Logo Bloomberg Technoz

FAA Beri Peringatan Keselamatan untuk Masalah Kemudi Boeing 737

News
09 October 2024 08:40

Boeing (Dok: Bloomberg)
Boeing (Dok: Bloomberg)

Allyson Versprille - Bloomberg News

Bloomberg, Federal Aviation Administration (FAA) AS telah mengeluarkan peringatan kepada operator pesawat Boeing Co 737 tertentu bahwa sistem kemudi dapat mengalami masalah jamming atau kemacetan pada sistem akibat komponen yang rusak. Peringatan ini dikeluarkan seminggu setelah pejabat keselamatan menegur FAA karena tidak bertindak lebih cepat untuk menangani masalah tersebut.

Dalam peringatan keselamatan yang dirilis pada Senin (07/10/2024), FAA memberikan instruksi kepada awak pesawat tentang cara menanggapi situasi kemudi yang macet dan menawarkan panduan untuk melakukan pemeriksaan guna menguji anomali dalam sistem kemudi. Selain itu, FAA juga akan mengeluarkan Notifikasi Kelayakan Udara Berkelanjutan kepada Masyarakat Internasional, menurut pernyataan yang disampaikan badan tersebut pada Selasa (08/10/2024).

Peringatan ini muncul setelah kepala National Transportation Safety Board (NTSB) mengkritik FAA karena "meremehkan urgensi" masalah kemudi ini. NTSB telah memberikan rekomendasi mendesak kepada FAA dan Boeing terkait kondisi ini, yang menurut mereka disebabkan oleh komponen rusak yang dipasok oleh Collins Aerospace, sebuah unit dari RTX Corp.

Menurut NTSB, sekitar 271 komponen yang dicurigai mungkin sedang digunakan pada pesawat yang dioperasikan oleh maskapai non-AS, sementara 16 komponen mungkin masih digunakan di AS. Selain itu, puluhan komponen lainnya belum dipasang.