Logo Bloomberg Technoz

Foxconn Siapkan Pabrik Server dengan Cip Nvidia Jumbo di Meksiko

Redaksi
09 October 2024 07:50

Suasana pabrik Foxconn, produsen utama iPhone milik Apple. (Dok Bloomberg)
Suasana pabrik Foxconn, produsen utama iPhone milik Apple. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Foxconn, pabrik manufaktur besar asal Taiwan kerap juga namakan Hon Hai Precision Industry Co bangun pabrik perakitan sever terbesar di dunia. Server ini akan didukung oleh cip Grace Blackwell tercanggih milik Nvidia Corp.

Selain bermitra dengan Apple dalam perakitan iPhone, Foxconn juga menjalin hubungan bisnis dengan Nvidia di tengah dunia tengah mengalami permintaan kuat atas server dan cip canggih.

Pengembangan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) menjadi topik terhangat dalam dua tahun terakhir dimana produsen cip hingga pengembang model AI berlomba-lomba menghadirkan perangkat atau software terbaik mereka.

Lokasi pabrik server dengan cip canggih Nvidia berada di Meksiko, dimana Foxconn menargetkan kapasitas 20.000 server GB200 NVL 72 pada tahun 2025, menurut Chairman Hon Hai, Young Liu, dilansir Bloomberg News, Rabu (9/10/2024).

Penyelesaian pabrik perangkat yang mendukung AI tidak lepas dari prakiraan bahwa pengeluaran terkait industri ini akan tetap tinggi. Liu punya pendapat yang sama dengan Chief Executive Officer (CEO) Nvidia Jensen, bahwa anggaran AI akan 'booming'.