Logo Bloomberg Technoz

Prakiraan yang dirilis pada hari yang sama menunjukkan proyeksi median dari pejabat The Fed menyerukan pengurangan tambahan sebesar 50 basis poin tahun ini, yang menyiratkan pemotongan yang lebih kecil, seperempat poin pada masing-masing dari dua pertemuan mereka yang tersisa pada 2024. Wakil gubernur tersebut mengatakan ekonomi AS tumbuh pada "kecepatan yang solid" meskipun pasar tenaga kerja telah melambat dari keadaan yang terlalu panas. Ia menambahkan bahwa inflasi kini jauh lebih dekat dengan target The Fed sebesar 2% dan diharapkan akan terus mendingin ke arah tersebut.

Laporan pekerjaan yang sangat kuat yang dirilis minggu lalu meredakan kekhawatiran di sekitar pasar tenaga kerja, di mana pengusaha menambahkan 254.000 pekerja ke daftar gaji pada bulan September, dan angka untuk bulan Juli serta Agustus direvisi lebih tinggi. Laju perekrutan yang kuat ini juga membantu menurunkan tingkat pengangguran menjadi 4,1%.

"Kabar baiknya adalah bahwa kenaikan pengangguran telah terbatas dan bertahap, dan tingkat pengangguran tetap rendah secara historis," ujar Jefferson. "Meskipun demikian, pendinginan di pasar tenaga kerja terlihat."

Data pekerjaan minggu lalu mendorong investor untuk memangkas taruhan pada pemotongan suku bunga besar lainnya pada pertemuan The Fed berikutnya pada bulan November. Pasar kini melihat pengurangan seperempat poin sebagai hasil yang paling mungkin.

Sejumlah pembuat kebijakan, termasuk Gubernur The Fed New York John Williams, telah mengindikasikan dukungan berkelanjutan untuk penurunan suku bunga lebih lanjut, meskipun dengan kecepatan yang lebih lambat, bahkan setelah laporan pekerjaan September yang lebih kuat dari perkiraan. Data tersebut menyebabkan beberapa pengamat The Fed meminta bank sentral untuk menghentikan pemotongan suku bunga.

Jefferson juga berbicara panjang lebar tentang sejarah jendela diskonto, fasilitas pinjaman darurat utama The Fed. Menyusul runtuhnya Silicon Valley Bank dan pemberi pinjaman regional lainnya tahun lalu, para pembuat kebijakan telah mendorong semua bank untuk mendaftar ke jendela diskonto dan berlatih menggunakannya, jika mereka membutuhkannya dalam keadaan darurat likuiditas.

The Fed juga sedang dalam proses mengumpulkan komentar dari publik tentang berbagai aspek penggunaan dan fungsionalitas jendela diskonto, kata Jefferson.

Sebelum bergabung dengan Dewan Gubernur The Fed pada 2022, Jefferson menjabat sebagai wakil presiden urusan akademis dan dekan fakultas, serta profesor ekonomi di Davidson College.

(bbn)

No more pages