Logo Bloomberg Technoz

The Fed Pertimbangkan Penyesuaian Suku Bunga, Risiko Seimbang

News
09 October 2024 07:30

Wakil Gubernur Federal Reserve Philip Jefferson. (Dok: Bloomberg)
Wakil Gubernur Federal Reserve Philip Jefferson. (Dok: Bloomberg)

Catarina Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Wakil Gubernur bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) Philip Jefferson mengatakan risiko terhadap target ketenagakerjaan dan inflasi bank sentral kini mendekati keseimbangan.

“Keseimbangan risiko terhadap dua mandat kami telah berubah — seiring dengan berkurangnya risiko terhadap inflasi dan meningkatnya risiko terhadap ketenagakerjaan, risiko-risiko ini telah mencapai keseimbangan,” kata Jefferson pada Selasa (08/10/2024) dalam sambutan yang disiapkan untuk sebuah acara di Davidson College, North Carolina.

Jefferson, dalam pidato publik pertamanya sejak bulan Mei, menyatakan bahwa ia akan menilai data ekonomi yang masuk dan keseimbangan risiko “ketika mempertimbangkan penyesuaian tambahan terhadap kisaran target dana federal.” Ia menambahkan bahwa ia membuat keputusan berdasarkan pertemuan demi pertemuan.

Pejabat The Fed menurunkan suku bunga pada pertemuan mereka bulan lalu untuk pertama kalinya sejak dimulainya pandemi, dengan menurunkannya hingga setengah persen poin. Langkah tersebut dilakukan di tengah tanda-tanda lebih lanjut dari penurunan inflasi dan meningkatnya kekhawatiran tentang pasar tenaga kerja.