Logo Bloomberg Technoz

Impor menurun karena penurunan tajam dalam nilai pasokan industri, sebagian besar disebabkan oleh penurunan harga minyak mentah selama bulan tersebut.

Pengiriman masuk barang-barang konsumen naik tipis, kemungkinan mencerminkan peritel AS yang memajukan pesanan luar negeri menjelang gangguan yang mungkin terjadi akibat pemogokan pekerja dermaga di pelabuhan-pelabuhan utama AS. Aksi mogok kerja berakhir minggu lalu setelah tiga hari untuk memungkinkan negosiasi lebih lanjut hingga 15 Januari.

Ekspor barang AS melonjak karena peningkatan pengiriman barang modal dan kendaraan bermotor.

Sementara perdagangan barang dan jasa pada kuartal kedua mengalami penurunan terbesar dari produk domestik bruto sejak awal 2022, angka ekspor bersih terbaru menunjukkan dampak yang lebih kecil.

Pada basis yang disesuaikan dengan inflasi, defisit perdagangan barang dagangan menyempit menjadi US$88,6 miliar di Agustus, selisih terkecil sejak Februari.

Hasil survei dari Institute for Supply Management memberikan gambaran yang beragam mengenai perdagangan di Agustus. Indeks kelompok ekspor dari produsen AS mengalami kontraksi, sementara bisnis penyedia layanan di luar negeri tumbuh.

Menggali Lebih Dalam

  • Ekspor perjalanan—atau pengeluaran pengunjung ke AS—meningkat ke rekor US$18,2 miliar
  • Impor perjalanan—indikator perjalanan orang AS ke luar negeri—juga meningkat, menjadi US$14,8 miliar
  • Defisit perdagangan barang dagangan AS dengan China menyempit US$2,6 miliar menjadi US$24,7 miliar
  • Nilai barang yang diimpor dari China turun US$1,5 miliar
  • Kekurangan barang dengan Meksiko sedikit melebar menjadi US$14,3 miliar, kesenjangan terbesar sejak Februari

(bbn)

No more pages