Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Ogah Disebut 'Mrs No': APBN Soal Selektif & Kualitas

Sultan Ibnu Affan
08 October 2024 19:20

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat konfrensi pers mengenai gaji ke 13 dan THR. (Tangkaan layar Youtube Kemeneku RI)
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat konfrensi pers mengenai gaji ke 13 dan THR. (Tangkaan layar Youtube Kemeneku RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku enggan dipersepsikan sebagai menteri yang kikir dan selalu bilang 'tidak' ketika diminta untuk menyetujui alokasi anggaran kementerian/lembaga (K/L). Dia mengklaim dirinya merupakan pendengar yang baik dalam menyimak keluh kesah rekan kerjanya.

Pernyataan ini disampaikan menanggapi candaan mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita tentang reputasi dirinya sebagai Bendahara Negara yang pelit.

Sebelumnya, Enggartiasto berseloroh bahwa Sri Mulyani merupakan Bendahara Negara yang seringkali menolak untuk menyetujui pagu anggaran kementerian, bahkan sebelum dirinya menjelaskan kebutuhan anggaran tersebut. Menurut Enggar, hal itu dilakukan oleh Sri Mulyani demi menjaga kehati-hatian dalam penggunaan anggaran negara.

"Kalau tadi pak Enggar memberikan persepsi dan membangun reputasi bahwa menteri keuangan selalu bilang tidak dulu. padahal tidak begitu, saya ini termasuk pendengar yang baik, seluruh permintaan selalu saya dengarkan," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Sri Mulyani menjelaskan dirinya akan mendengarkan masukan dan keinginan seluruh pihak terkait anggaran penerimaan dan belanja negara (APBN). Selanjutnya, jika ada ruang fiskal, maka pihaknya akan selalu memberikan afirmasi terhadap program-program yang memang solid dan bisa dijalankan dengan baik.