Logo Bloomberg Technoz

IDF Klaim Bunuh Komandan Hizbullah yang Pimpin Serangan ke Israel

News
08 October 2024 18:40

Israel Kembali Hantam Lebanon, 1 Warga Sipil Tewas (Dok. Bloomberg)
Israel Kembali Hantam Lebanon, 1 Warga Sipil Tewas (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komandan Hizbullah, Suhail Hussein Husseini, yang diduga bertanggung jawab atas serangan milisi tersebut terhadap Israel, dikabarkan tewas dalam serangan Israel di Beirut, Lebanon hari ini (8/10/2024).

Dalam pernyataannya pada Selasa, melansir Al Arabiya, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengonfirmasi telah membunuh Husseini. Mereka menyebut kematian Husseini merupakan hasil dari strategi Israel untuk memberikan pukulan telak pada kelompok tersebut dan sekutunya, Hamas, yang telah bertempur dengan Israel di Gaza selama satu tahun.

Pukulan terbesar bagi Hizbullah dalam beberapa dekade ialah saat Israel berhasil membunuh pemimpinnya, Hassan Nasrallah, melalui sebuah serangan udara di pinggiran selatan Beirut pada akhir bulan lalu. 

Serangan-serangan ini telah meningkatkan kekhawatiran bahwa Amerika Serikat (AS), sekutu terdekat Israel, dan Republik Islam Iran akan terjerumus ke dalam konflik yang lebih besar lagi di negara penghasil minyak di Timur Tengah tersebut.

Ketegangan antara musuh bebuyutan Iran dan Israel meningkat setelah perang bayangan dan pembunuhan selama bertahun-tahun berubah menjadi konfrontasi langsung yang membuat kawasan ini menjadi tegang.