Logo Bloomberg Technoz

Bukan Desember

Sebelumnya, padahal, Tony mengatakan kapasitas input konsentrat tembaga ke smelter tersebut bakal mencapai 100% pada Desember 2024 yakni sebesar 1,7 juta ton.  

Saat itu, Tony memproyeksikan smelter Manyar bakal mulai melakukan produksi katoda tembaga pada Agustus 2024. Namun, Presiden Joko Widodo baru meresmikan produksi smelter tersebut pada Senin (23/9/2024).

“Mulai operasi ini perlu waktu sekitar 6—10 minggu untuk memanaskan semuanya, terutama furnace. Setelah itu baru akan dimasukkan konsentratnya, diolah, dibentuk anode casting, copper anode, kemudian dibawa ke electro refinery,” ujar Tony dalam agenda Peresmian Operasi Smelter Gresik, Kamis (27/6/2024).

Lalu, proses di electro refinery bakal memerlukan waktu sekitar 3 pekan. Dengan demikian, produksi katoda tembaga pertama terjadi pada sekitar pertengahan Agustus atau paling lambat September.

Produksi pada periode tersebut dilakukan dengan kapasitas sebesar 50% atau sekitar 850.000 ton konsentrat tembaga per tahun yang bakal diinput ke smelter tersebut. Namun, Tony memastikan kapasitas input konsentrat tembaga bakal meningkat setiap bulan sekitar 10% hingga 15%.

(dov/wdh)

No more pages