Logo Bloomberg Technoz

Hakim Kembali Menangkan Epic Games dari Google Alphabet

News
08 October 2024 15:37

Ilustrasi Google App Play Store. (Bloomberg)
Ilustrasi Google App Play Store. (Bloomberg)

Malathi Nayak, Leah Nylen dan Davey Alba—Bloomberg News

Bloomberg, Alphabet Inc harus mencabut pembatasan yang mencegah pengembang membuat marketplace dan sistem penagihan saingan, dengan bersaing dengan Google Play Store, seorang hakim memutuskan, membalikkan dominasi raksasa pencarian ini di pasar aplikasi Android—yang menguntungkan dan mungkin akan mengurangi pendapatannya.

Seorang hakim federal di San Francisco pada hari Senin waktu AS memberikan kemenangan besar bagi Epic Games Inc dalam gugatannya yang telah berlangsung lama terhadap toko aplikasi raksasa teknologi tersebut, sebuah pukulan antimonopoli lainnya bagi Google pasca kekalahan besar baru-baru ini dalam satu kasus di Departemen Kehakiman AS (DoJ) dan ketika Google masih berjuang melawan kasus lainnya.

Keputusan ini muncul setelah pembuat video game populer Fortnite meyakinkan juri bahwa Google menyalahgunakan kekuasaannya di pasar aplikasi Android dengan kebijakan Google Play Store.

Perubahan yang harus dilakukan perusahaan saat ini hampir pasti akan mengurangi penjualannya, dengan seorang analis memperkirakan kerugian “kasus terburuk” dalam laba kotor lebih dari US$1 miliar dari penjualan yang mencapai US$14,66 miliar pada tahun 2020.