Logo Bloomberg Technoz

Rentetan 200 rudal balistik hanya menimbulkan sedikit kerusakan, dengan satu korban jiwa di Tepi Barat. Namun, jutaan warga Israel terpaksa mengungsi ke tempat penampungan dan beberapa pangkalan udara terkena serangan.

"Jika Gallant tiba di AS minggu ini, jelaslah bahwa respons Israel terhadap Iran telah tertunda," ujar Aaron David Miller, Senior Fellow Carnegie Endowment for International Peace dan mantan juru runding Arab-Israel dari Departemen Luar Negeri AS, dalam wawancara dengan X.

"Kerumitan eskalasi dan perlunya meyakinkan—dan mungkin mengoordinasikan—respons Israel dengan AS tampaknya menjadi hal yang paling utama."

Iran mengatakan setiap serangan terhadapnya akan dibalas dengan respons yang kuat.

Kepala Badan Intelijen Pusat, William Burns, memperingatkan konsekuensi dari kesalahan penilaian oleh pihak manapun.

"Kita menghadapi bahaya yang sangat nyata dari eskalasi konflik regional yang lebih jauh," kata Burns pada Senin. "Anda dapat melihat potensi bentrokan yang tidak disengaja, kesalahpahaman, tindakan yang mengambil kehidupan mereka sendiri."

Dia menambahkan "kepemimpinan Israel sedang menimbang dengan sangat hati-hati bagaimana mereka" akan bereaksi terhadap tembakan Iran dan mereka akan mempertimbangkan keprihatinan Gedung Putih.

(bbn)

No more pages