Logo Bloomberg Technoz

Adapun saham keuangan yang jadi pendorong penguatan IHSG ialah, saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) melonjak 6,19 dan saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) juga meroket 4,01%. Sama halnya, saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) juga lompat hingga 3,74%.

Melesatnya IHSG pagi hari ini tersengat sentimen positif dari reli saham-saham di Bursa Saham China setelah kembali buka dari liburan selama seminggu.

CSI 300 misalnya, telah menguat selama sembilan hari berturut-turut hingga 30 September sebelum Golden Week, didorong stimulus yang mencakup penurunan suku bunga, pengucuran dana tunai untuk bank-bank, dan dukungan untuk saham-saham.

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, perputaran omzet di Shanghai dan Shenzhen melonjak hingga 2,46 triliun yuan (US$ 348 miliar) pada sesi perdagangan Selasa (8/10/2024). Angka tersebut sudah mendekati rekor 2,59 triliun yuan yang terlihat pada 30 September, ketika CSI 300 melonjak 8,5%, kenaikan terbesar dalam satu hari sejak 2008.

Jumlah pembukaan akun di broker-broker besar mencapai rekor tertinggi selama liburan Golden Week. Permintaan klien luar biasa, baik di kanal daring maupun luring.

Terlebihlagi para profesional di departemen teknologi informasi, operasional, dan layanan pelanggan di pialang-pialang lokal membatalkan hari libur mereka untuk mempersiapkan diri menghadapi sesi perdagangan yang sibuk, menurut lembaga penyiaran negara China Central Television.

(fad)

No more pages