Logo Bloomberg Technoz

Siapa Saja yang Tak Boleh Minum Kopi? Cek 9 Daftarnya

Referensi
08 October 2024 14:27

Infografis 9 Efek Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari (Bloomberg Technoz/Asfahan)
Infografis 9 Efek Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kopi hitam dikenal sebagai minuman yang memberikan banyak manfaat kesehatan, terutama jika dikonsumsi tanpa gula atau pemanis buatan. Selain memberikan dorongan energi, kopi hitam juga disebut mampu menurunkan risiko kanker prostat dan gagal jantung, dikutip dari situs Healthifyme. 

Namun, meskipun memiliki banyak manfaat, kopi hitam tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu seperti dilansir Bloomberg Technoz dari berbagai sumber, Selasa (8/10/2024).

Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan

Kopi hitam tanpa tambahan gula atau pemanis buatan kaya akan antioksidan dan dapat membantu meningkatkan metabolisme. 

Minuman ini sering menjadi pilihan bagi mereka yang sedang menjalani diet karena dapat membantu pembakaran lemak. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kopi hitam secara teratur dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan Parkinson.

Namun, meskipun kopi hitam memiliki segudang manfaat, tidak semua orang dapat menikmati minuman ini dengan aman. Ada beberapa kondisi kesehatan yang membuat seseorang perlu menghindari atau membatasi konsumsi kopi hitam.

Siapa Saja yang Harus Menghindari Kopi Hitam?

1. Penderita Irritable Bowel Syndrome (IBS)