Logo Bloomberg Technoz

Tim Prabowo Beber Proyek Tanggul Laut Raksasa, Mau Start 2025

Pramesti Regita Cindy
08 October 2024 15:00

Suasana proyek Giant Sea Wall atau tanggul laut raksasa di Kosambi,Tangerang, Kamis (11/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Suasana proyek Giant Sea Wall atau tanggul laut raksasa di Kosambi,Tangerang, Kamis (11/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta Ketua Umum Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Anggawira mengungkapkan program presiden terpilih Prabowo Subianto dalam perluasan pembangunan tanggul laut raksasa (Giant Sea Wall), yang dirancang untuk melindungi kawasan pantai utara Pulau Jawa, akan dimulai tahun depan. 

Konsep tanggul laut raksasa ini akan membentang dari Jakarta hingga Surabaya, bahkan mencapai Gresik, dengan tujuan tidak hanya melindungi pesisir dari ancaman alam, tetapi juga memperkuat ketahanan infrastruktur pesisir.

"Untuk target pembangunan, rencananya akan dimulai pada tahun pertama pemerintahan Prabowo, dengan proyeksi penyelesaian bertahap selama beberapa tahun, tergantung pada skala proyek di setiap segmen," jelas Anggawira ketika dihubungi, Selasa (8/10/2024).

Konsep Belum Ajek

Meski demikian, konsep tanggul laut raksasa ini tampaknya juga masih dalam pematangan, antara Tim Prabowo dengan para ahli untuk kelayakan dan kajian teknis dari megaproyek tersebut.

Pembangunan proyek tanggul laut di Tangerang, Rabu (30/8/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)