Logo Bloomberg Technoz

AS Kuras Duit hingga Rp281 T Modali Setahun Agresi Israel di Gaza

Rosmayanti
08 October 2024 15:10

Joe Biden dan Benjamin Netanyahu (Dok: Bloomberg)
Joe Biden dan Benjamin Netanyahu (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah menghabiskan US$22,76 miliar (sekira Rp357 triliun) untuk mendukung perang Israel di Gaza dan operasi-operasi melawan Houthi di Yaman. 

Menurut laporan Brown University's Watson Institute, dilansir Al Jazeera, Selasa (8/10/2024), sebanyak US$17,9 miliar atau setara Rp281 triliun dalam bentuk bantuan militer digelontorkan AS kepada Israel sejak perang di Gaza dimulai setahun lalu. Dana tersebut merupakan jumlah tahunan tertinggi yang pernah ada.

Bantuan untuk Israel merupakan gabungan dari pembiayaan militer, penjualan senjata, dan transfer dari persediaan senjata AS, yang merupakan bagian dari proyek Costs of War institut tersebut.

Sebagian besar persenjataan yang dikirim AS adalah amunisi, termasuk peluru artileri dan bom seberat 2.000 pon (907 kg).

Tidak seperti bantuan militer AS yang didokumentasikan secara terbuka untuk Ukraina, rincian beberapa pengiriman militer AS ke Israel "lebih sulit dipahami," sehingga angka US$17,9 miliar itu tidak lengkap.