Logo Bloomberg Technoz

Investasi di Bawah Komitmen

Adapun, Apple memilih skema inovasi teknologi dengan membangun Developer Academy. Walhasil, Agus menegaskan pemerintah baru akan mengeluarkan izin penjualan iPhone 16 begitu Apple memenuhi komitmen investasinya. 

Terlebih, hingga saat ini, realisasi investasi Apple di Indonesia baru mencapai Rp1,48 triliun, padahal komitmen awal mereka sebesar Rp1,71 triliun.

"Ini semuanya atas dasar fairness dan berkeadilan bagi para investor yang sudah memiliki komitmen tinggi untuk menanamkan modal di Indonesia," kata Agus.

"Apalagi yang kita butuhkan, yang Indonesia butuhkan ujung-ujungnya, yang pertama adalah penciptaan antara kerja, ini sangat ideal, mereka investasi membentuk atau membangun fasilitas produksi, pabrik-pabrik, atau upaya kita untuk membangun sumberdaya manusia, khususnya sumberdaya manusia industri yang tangguh," jelasnya.

Untuk diketahui, pada April 2024, Apple mengumumkan akan membangun Developer Academy keempatnya di Indonesia, yakni Bali.

Apple Developer Academy sendiri merupakan program pelatihan talenta teknologi informasi (information technology/IT) untuk pengembangan aplikasi Apple.

Akademi ini telah dibuka di Indonesia pada 2018, bermitra dengan institusi pendidikan tinggi lokal, yakni Binus di Bumi Serpong Damai (BSD), Universitas Ciputra di Surabaya, dan Infinite Learning di Batam.

Dalam Academy tersebut, siswa akan mempelajari dasar-dasar pemrograman dan kompetensi profesional, desain, hingga pemasaran selama sembilan bulan.

Selain itu, mereka diberdayakan dengan serangkaian keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi yang memberikan dampak bagi ekonomi aplikasi iOS yang sedang berkembang pesat di Indonesia.

(prc/wdh)

No more pages