Logo Bloomberg Technoz

Kemudian di Galeri 24, harga emas untuk ukuran yang sama adalah Rp 770.000. 

Harga Emas Galeri 24 (Sumber: Pegadaian)

Pegadaian merupakan anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI). 

Harga Emas Dunia

Sementara harga emas dunia bergerak turun. Pada pukul 12:07 WIB, harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 2.642,21/troy ons. Turun tipis 0,03% dibandingkan hari sebelumnya.

Dalam seminggu terakhir, harga emas dunia turun hampir 1%.

Dinamika di Negeri Paman Sam kurang kondusif bagi harga emas. Akhir pekan lalu,  US Bureau of Labor Statistics mengumumkan perekonomian Negeri Paman Sam menciptakan 254.000 lapangan kerja non-pertanian (non-farm payroll) pada September.

Angka ini jauh lebih besar dibandingkan bulan sebelumnya yang sebanyak 159.000. Juga jauh di atas ekspektasi pasar yang memperkirakan di 140.000. Plus, menjadi yang tertinggi dalam 6 bulan terakhir.

Sementara tingkat pengangguran turun dari 4,2% pada Agustus menjadi 4,1% bulan lalu.

Perkembangan ini membuat pasar tidak yakin bahwa bank sentral Federal Reserve akan agresif dalam menurunkan suku bunga acuan. Sebab, ternyata pasar tenaga kerja masih kuat.

Mengutip CME FedWatch, probabilitas pemangkasan Federal Funds Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 4,5-4,75% pada November mencapai 86,3%. Sementara kemungkinan pemotongan 50 bps ke 4,25-4,5% praktis tidak ada alias 0%.

Bahkan ada peluang The Fed mempertahankan suku bunga di 4,75-5%. Kemungkinannya adalah 13,7%.

Perkembangan ini membuat imbal hasil (yield) obligasi pemerintah tenor 10 tahun AS naik. ke level 4%, kali pertama sejak Agustus. Akibatnya, nilai tukar dolar AS dalam tren menguat.

Selama sepekan terakhir, Dollar Index (yang mencerminkan posisi greenback di hadapan 6 mata uang utama dunia) menguat 1,68%.

Dolar AS dan emas memiliki hubungan yang berbanding terbalik. Biasanya harga emas akan turun saat dolar AS melemah, begitu pula sebaliknya.

Ini karena emas adalah aset yang dibanderol dalam dolar AS. Ketika dolar AS terapresiasi, maka emas akan menjadi lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lain. Permintaan emas akan turun dan harga pun mengikuti.

(aji)

No more pages