Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan aset digital QCP Capital dalam laporan terbaru menyampaikan “setelah awal yang goyah, 'Uptober' tampaknya kembali ke jalur yang benar, Bitcoin berada pada level yang sama dengan saat dimulai pada Senin lalu.”

Saat berganti bulan ke Oktober terjadi dorongan kripto baru dengan Bitcoin kembali berada di kisaran US$60.000, QCP Capital menambahkan.

“Semua mata akan tertuju pada IHK AS, dengan angka upah dan pekerjaan AS yang kuat baru-baru ini, pasar akan memperhatikan cetakan ini untuk setiap tanda kenaikan inflasi.”

Prediksi para analis IHK akan naik namus tipis sekitar 0,1% bulan September. Jika terjadi, ini adalah kenaikan terkecilnya selama tiga bulan terakhir. IHK secara yoy diperkirakan naik 2,3%, juga menjadi cermin perlambatan keenam terendah berurutan sekaligus ada pada posisi terbawah sejak awal 2021.

Secara relatif diketahui kenaikan IHK dapat mendorong suku bunga AS menjadi lebih tinggi dan pada gilirannya menekan harga kelas aset berisiko, dengan investor beralih ke instrumen investasi lebih aman.

Namun saat IHK menunjukkan posisi lebih rendah maka terdapat ruang penurunan suku bunga dan menguntungkan aset berisiko termasuk kripto. Investor pun menjadi lebih spekulatif.

Pakar intergovernmental Blockchain, Andy Lian, menyatakan bahwa antisipasi seputar data IHK telah berdampak dengan Bitcoin rebound dari level terendahnya di US$60.000 dan sekarang memposisikan dirinya untuk potensi reli, dikutip dari Decrypt.

“Masa lalu, Bitcoin telah bergejolak dalam menanggapi data IHK. Hasil IHK yang positif, yang mencerminkan lingkungan ekonomi yang kuat, sering kali menyebabkan kenaikan harga.”

Mengutip data CoinMarketcap, aset kripto lain relatif ada di zona mereh dimana Ethereum minus 2,49% dalam 24 jam terakhir menjadi US$2.429. Solana juga turun 4,12% ke US$143,77. Dogecoin milik Elon Musk (-4,28%) berada di US$0,1. XRP (-2,02%) bertenggar di US$0,53.

Toincoin bergerak melemah 2,12% menuju US$5,22, dan Avalanche dan Shiba Inu masing-masing minus 2,21% dan 5,4% menuju US$26,7 dan US$US$0,000017.

(fik/wep)

No more pages