Logo Bloomberg Technoz

Inilah Tantangan Menuju Indonesia Emas 2045, Mampukah Diatasi?

“Tolong dimengerti 8% itu kan nggak tahun depan, 8% adalah target dari pemerintahan Pak Prabowo. Kalau mau dilihat itu ya itu 5 tahun,” tutur Thomas.

Thomas memberi gambaran program yang bersifat jangka panjang adalah peningkatan nutrisi sebagai investasi di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).

“Hampir semua penjelasan beliau saat ini soal ekonomi justru mengamini bahwa kita punya potensi ke 8%. Jadi optimisme ini jelas tertanam dalam pemikirannya beliau, tapi optimismenya itu dengan suatu pemahaman bahwa keadaan global dan fragmentasi global harus tetap waspada,” kata Thomas.

Wamernkeu II Thomas Djiwandono di Kompleks Kemenkeu, Jakarta, Kamis (18/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Thomas juga menyoroti cita-cita Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi di kawasan ASEAN, dimana kini hanya Singapura dan Brunei Darussalam yang ada di kelompok tersebut.

ADB Nilai Target Prabowo Ekonomi Tumbuh 8% Berat 

Untuk itu sejumlah persoalan perlu dibereskan seperti rendahnya kualitas SDM dan produktivitas, hinga kurangnya daya saing, kurangnya kapasitas kelembagaan dan tata kelola.

“Menghadapi kenyataan ini, sangat penting bagi negara-negara ASEAN berpendapatan menengah untuk menyusun strategi yang baik, jelas, dan konkret untuk menghindari jebakan negara berpendapatan menengah dan dapat bertransisi dengan lancar menjadi negara berpendapatan tinggi,” pungkas dia.

(wep)

No more pages