Logo Bloomberg Technoz

Banyak Pungli di Lokasi Wisata, Sandi Upayakan Pembayaran Digital

Dinda Decembria
08 October 2024 11:00

Sandiaga Uno. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Sandiaga Uno. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyebut salah satu upaya penanganan masalah pungli yang terjadi di Taman Wisata Alam Gunung Pancar di Sentul yang viral di media sosial dengan pembayaran digital.

Ia juga mengatakan pihak Kemenparekraf akan menata dengan pendekatan Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis serta mengajak kerja sama dengan berbagai pihak hingga membentuk kawasan desa wisata.

"Kita akan tata dengan pendekatan kelompok sadar wisata pak darwis dengan libatkan komunitas media pemerintah daerah berminta pemerintah desa. Kemudian kita akan tata dalam bentuk mungkin desa wisata  yang bisa memberikan sebuah pendekatan lebih kearifan lokal," kata Sandiaga dalam acara The Weekly Brief with Sandiaga Uno secara daring.

Lebih lanjut, Sandiaga menilai bahwa karakteristik masyarakat dari Jawa Barat itu terbuka dan ramah sehingga ia mengaku akan mengupayakan hal tersebut dengan memfasilitasi melalui pendanaan yang akan dikucurkan setara dengan desa wisata lainnya. Metode pembayarannya juga akan dilakukan melalui digitalisasi.

"Nanti seperti pendanaan yang terjadi di beberapa desa wisata lainnya, di satukan dan bisa di bayar melalui digitalisasi sehingga akhirnya pengalaman berwisata itu kembali menyenangkan aman, nyaman, menyenangkan untuk perjalanan," harapan Sandiaga.