Logo Bloomberg Technoz

IHSG Dibuka Anjlok 0,6% di Tengah Sentimen Balasan Israel ke Iran

Muhammad Julian Fadli
08 October 2024 09:14

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (8/10/2024), dibuka melemah. Pada pukul 9.06, indeks kehilangan 45,17 poin atau setara dengan langsung anjlok 0,6% ke level 7.458.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia, volume perdagangan tercatat 2,25 miliar saham dengan nilai transaksi Rp906 miliar. Adapun frekuensi yang terjadi sebanyak 119.588 kali.

Sebanyak 136 saham menguat, dan 224 saham melemah. Sementara, 196 saham tidak bergerak.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global. Ketegangan di Timur Tengah menjadi perhatian utama para investor global. Pertempuran di kawasan itu terus meningkat, dengan Pasukan Pertahanan Israel mengklaim berhasil mencegat rentetan roket yang ditembakkan oleh Hamas ke Tel Aviv.

Kenaikan harga minyak pagi ini juga dipicu oleh spekulasi bahwa Israel mungkin menargetkan infrastruktur minyak Iran. Bagi Dave Sekera di Morningstar, jika ada eskalasi geopolitik lebih lanjut, itu berpotensi memicu perdagangan Risk-Off.