Logo Bloomberg Technoz

Bursa Saham China Melompat 12%, Libas Saham di Bursa Asia Lain

Ruisa Khoiriyah
08 October 2024 09:01

Bursa asia (Dok Bloomberg)
Bursa asia (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bursa saham China melanjutkan reli yang tertahan selama libur Golden Week. Pada pembukaan pasar Selasa pagi ini, tiga indeks yang menjadi acuan perdagangan saham di Negeri Panda itu, kesemuanya melejit tajam bahkan ada yang naik hingga 10%.

Mengacu data realtime Bloomberg, indeks CSI 300, dibuka naik langsung 10,76% di awal perdagangan. Sementara indeks Shenzen bahkan melompat naik 12,92% di pembukaan pasar disusul oleh indeks saham Shanghai yang naik 10,13% pagi ini begitu dibuka.

Lonjakan indeks saham di China dipicu oleh euforia pasca otoritas setempat mengumumkan rencana stimulus besar-besaran untuk memulihkan perekonomian terbesar kedua dunia itu yang terjebak kelesuan sejak pandemi pecah.

Kenaikan indeks saham China pagi ini kontras dengan yang terjadi di pasar saham Asia lain. Indeks saham Jepang Nikkei 225 tertekan, begitu juga Topix yang turun 1,13% pada pukul 08:38 WIB.

Begitu juga indeks saham di Korea Selatan dan Taiwan yang juga tertekan pagi ini. Di Asia Tenggara, bursa saham Malaysia dibuka turun, kini melemah 0,35%, disusul oleh bursa saham Singapura FTSE Strait Times yang melemah 0,52%. Bursa saham Filipina juga tertekan 0,56%.