Logo Bloomberg Technoz

Kemlu: 40 WNI Evakuasi Tiba di RI, 116 Pilih Bertahan di Lebanon

Redaksi
07 October 2024 21:10

Direktur Pelindungan WNI dan BHI Kemlu RI, Judha Nugraha. (Kemlu RI)
Direktur Pelindungan WNI dan BHI Kemlu RI, Judha Nugraha. (Kemlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebanyak 40 warga negara Indonesia (WNI) dan satu WNA (pasangan WNI) berhasil dievakuasi dengan selamat dari Lebanon. Ke-41 orang tersebut telah tiba di Indonesia pada Senin (7/10/2024) melalui dua penerbangan komersial.

Dalam pernyataan tertulisnya, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyatakan evakuasi tersebut merupakan bagian dari proses evakuasi yang panjang dan kompleks melalui jalan darat dari Lebanon-Damaskus, Suriah-Amman, Yordania. Mereka terbagi dalam dua gelombang evakuasi yang berangkat dari Beirut pada 2 dan 3 Oktober 2024.

Sebelumnya, usai KBRI Beirut menetapkan status Siaga 1 pada 4 Agustus 2024, 25 WNI berhasil dievakuasi melalui jalur udara. Saat ini masih terdapat 116 WNI yang menetap di Lebanon dan mayoritas memilih untuk tetap tinggal di sana.

41 orang yang tiba hari ini terdiri dari 26 laki-laki dan 15 perempuan, serta semuanya dalam kondisi sehat. Mereka berasal dari beberapa daerah di Indonesia, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Bali.

Selanjutnya mereka akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing melalui koordinasi lintas kementerian/lembaga/instansi.