Logo Bloomberg Technoz

“Nah ini dampak terhadap dunia usaha, dampaknya luar biasa karena uang yang datang disuntik oleh pemerintah untuk program ini kan beredar di dalam negeri, beredar di kampung-kampung, beredar di perdesaan. Kenapa? Direncanakan, tiap hari kita akan sediakan 82 juta butir telur tiap hari,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana membenarkan rencana impor sapi untuk pemenuhan kebutuhan susu dalam program MBG.

Impor sapi akan dilakukan dalam jangka panjang serta diharapkan bisa membuat Indonesia menjadi swasembada susu. Namun tidak disebutkan berapa besaran impor sapi yang akan dilakukan karena ini masuk kewenangan dari  Kementerian Pertanian (Kementan).

“Dalam jangka panjang kita impor sapi, supaya Indonesia ke depan swasembada susu,” tutur Dadan saat ditemui di Kompleks DPR RI, Selasa (10/9/2024).

Terkait dengan penggunaan susu ikan sebagai alternatif pengganti susu sapi dalam program susu gratis, Dadan mengungkapkan belum memiliki rencana tersebut meski begitu pihaknya siap mengakomodir setiap usulan yang disampaikan apabila usul tersebut dapat membantu kelancaran program makan siang gratis tersebut.

Sementara itu, anggaran Makan Bergizi Gratis Rp71 triliun akan dimanfaatkan untuk biaya makanan, distribusi, dan operasional lembaga yang menangani program prioritas Presiden terpilih Prabowo Subianto tersebut.

Hal itu, tercantum dalam Buku II Nota Keuangan beserta Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

“Rancangan anggaran yang akan dialokasikan untuk Program MBG pada tahun 2025 adalah sekitar Rp71,0 triliun atau 0,29% terhadap PDB, yang termasuk biaya makanan, distribusi (safe guarding), dan operasional lembaga yang menangani Program MBG,” tulis Kemenkeu dalam dokumen itu, dikutip Senin (19/8/2024).

(dov/wdh)

No more pages