Logo Bloomberg Technoz

Produksi Libya Lampaui 1 Juta Barel, Stok Minyak Dunia Banjir

News
07 October 2024 21:00

Pekerja mengambil sampel minyak mentah di Piura, Peru./Bloomberg-Sebastian Castaneda
Pekerja mengambil sampel minyak mentah di Piura, Peru./Bloomberg-Sebastian Castaneda

Salma El Wardany dan Hatem Mohareb - Bloomberg News

Bloomberg, Produksi minyak Libya naik di atas 1 juta barel per hari untuk pertama kalinya dalam dua bulan, setelah penyelesaian kebuntuan politik di negara OPEC yang telah mengekang produksi dan ekspor.

Produksi minyak Libya mencapai 1,067 juta barel pada Minggu, menyusul pencabutan blokade oleh pemerintah timur negara yang terbagi itu pada 3 Oktober, menurut dua orang yang mengetahui situasi tersebut. Mereka meminta untuk tidak disebutkan namanya karena informasinya tidak bersifat publik.

Produksi Libya yang lebih tinggi akan menambah pasokan ke pasar minyak yang sedang berjuang dengan permintaan yang lemah, sementara Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) berencana untuk secara bertahap mulai mengurangi pemotongan produksinya mulai akhir tahun ini.

Namun, harga minyak mentah naik pada Senin karena kekhawatiran para pedagang bahwa konflik yang meningkat di Timur Tengah dapat mengganggu pasokan. Brent di London telah meningkat 11% dalam sepekan terakhir hingga diperdagangkan mendekati US$80 per barel.

Peta jejaring minyak Libya./dok. Bloomberg