Logo Bloomberg Technoz

Dia pun mengatakan sempat ragu saat diminta memberikan sambutan dalam acara kelulusan AHY di Unair. Pada awalnya, dia bertanya apakah ada tokoh lain yang juga akan memberikan testimoni tentang AHY.

"Saya bertanya yang memberikan sambutan ada lagi enggak? Kalau hanya saya nanti orang bilang ini jeruk makan jeruk," ujar SBY.

Namun akhirnya dia bersedia karena menilai gelar doktoral tersebut bukan pemberian cuma-cuma ke AHY. Seluruh prosesnya berlangsung normal tanpa intervensi embel-embel keluarga atau putra presiden. 

Selain itu, SBY juga kembali menyinggung tentang semboyan Unair yang dinilai memiliki makna kuat pada situasi saat ini. Hal ini merujuk pada kalimat, "Excellence and Morality."

Menurut dia, pada saat ini, kecakapan dan moral atau etika sudah jarang muncul bersamaan. Dia mengatakan, semboyan Unair menjadi kritik kepada seluruh pimpinan di Indonesia tentang perlunya kecakapan yang diimbangi dengan etika.

"Excellence itu sesuatu. Morality sesuatu yang lain. Dan, akan menjadi sangat indah ketika disatukan excellence with morality. Kita sudah jarang memaknai moral dan etika dalam kehidupan kita ini," ujar SBY.

"Siapa pun yang hidup di negeri ini, apa lagi yang mendapatkan amanah menjadi tokoh dan pemimpin. Jangan lupakan moto semangat dari Universitas Airlangga. Excellence with morality."

(red/frg)

No more pages